Kamis, 03 Oktober 2013

Orang 'NGOTOT' kalah oleh yang IKHLAS

Selamat datang kawan, di note ini…..
Kangen rasanya setelah sekian lama gk bikin note lg. Oke… to the point tanpa basa basi nanyain kabar. Karena skrg saya gk lagi siaran, karena saya mau sharing. Hehe….
And now I wanna explain about victory… gayanya pake bahasa inggris. Hehe…
Ya tentang sebuah kemenangan, kira kira menurut teman teman apa yasebuah kemenangan itu?
eitss…. Jangan dijawab disini, kita diskusikan saja setelah anda selesaiamembaca note ini.

Pada dasarnya kemenangan merupakan istilah yangdiberikan pada seseorang yang berhasil dalam persaingan seperti argumen, perang, atau ujian, bahkan persaingan dalam mendapatkan pasangan.
Semuaorang tentu menginginkan kemenangan. Menang bukan berarti menjadi yang terbaik,bukan juga menjadi no.1. Menang bagi ane adalah berarti kita bisa melakukanlebih baik dari sebelumnya.Dan harus kita ketahui dulu kemenangan apa yang telah diraih, seperti halnyakita menganalisa target dan masterplan kita sebelum merealisasikannyahingga mencapai suatu tujuan yakni VICTORY.
Seperti note sebelumnya, saya paling hobi membahas tentang KEMELAKATANyang pernah saya definisikan dari note selain ini, dan itupun saya dapetilmunya ya disini di FB ini. Lalu apa hubungannya kemenangan dengankemelakatan? Bagi saya apa sieh yang gk bisa disambung sambungkan, semua pastibisa asal ada korelasi yang mendasar. Hehe…

Baik, dalam menggapai suatu kemenangan tersebut tentu banyak feel/perasaanyang kita rasakan dan kita memancarkan vibrasi dalam mengusahakan targetuntuk menjadi seorang pemenang. Salah satu emosi atau perasaan yang seringtimbul adalah kita cenderung MEMAKSAKAN untuk menggapai target itu, dan inisalah satu ciri bahwa kita sudah melekat terhadap keinginan tersebut.
Hingga pada akhirnya ini menyebabkan kita tidak berdamai dengan dirisendiri, dan cenderung terus saja MEMAKSA tubuh kita untuk menjalaninya.Padahal tubuh kita sudah benar benar tidak mampu. Nah itulah yang disebutdengan KEMELEKATAN…
Memang sieh bagus kita terus mengejar keinginan kita sampai kitamenggapai cita cita, lha… tapi kita juga harus bijak dan harus bisa mengukurdiri sejauh mana kita mampu untuk mencapai cita cita itu. Saya bukan seorangMarry Riana yang hobi memotivasi orang lain, karena bagi saya terkadang kitalebih mudah memotivasi orang lain dan sulit untuk memotivasi diri sendiri. Sayalebih enjoy dan enak membahas masalah keihklasan, dan itulah salah satukunci untuk menjadi seorang pemenang. Yaa… teman teman gk salah baca, kunciuntuk menjadi seorang pemenang adalah IKHLAS titik, tanpa koma. Hehe….

Kenapa harus ikhlas? Menurut hemat saya ikhlas adalah sebuah kepasrahanterhadap apa yang akan kita dapatkan nanti, meskipun kepahitan yang akan kitaterima. Ini ada kaitannya dengan soul kita karena ikhlas, pasrah dll inimainannya orang orang psikolog. Karena ketika kita hendak melakukan sesuatuyang diawali dengan keikhlasan dan kepasrahan, insya Alloh apapun hasilnyananti kita akan legowo menerimanya, meskipun kegagalan yang kita dapatkan.

Ini terjadi pada teman dekat saya, dimana ketika si A dan si B memilikikeinginan yang sama dan dengan jalannya masing masing merekapun berusaha sekuattenaga untuk menggapai target yang sama. Tapi ada yang membedakan diantarausahanya mereka, si A dan si B memang sama ngotot dengan cita cita itu. Si Akeinginannya yang menggebu disertai dan diawali dengan keihklasan dankepasrahan, namun berbeda dengan si B yang usahanya sampe toh tohan dan seolaholah kepala dijadikan kaki, dan kaki dijadikan kepala. Emang bisa gtu? hehe…itu hanya pribahasa saja bagi orang yang terlalu memakasakan dirinya untukmenggapai sesuatu tanpa berdamai dengan dirinya sendiri. Dan apa yang terjadi?Tanpa disangka ternyata si A begitu melesatnya ia menggapai cita citanya,padahal usahanya biasa biasa saja dan terkesan rileks sehingga membawanya kezona tidak MELEKAT dalam menjalani peoses step by stepnya.

Tapi dibalik itu semua si B justru lamban dalam pencapaian targetnya,ini dikarenakan si B begitu MELEKAT dengan keinginannya tanpa berdamai dengandiri sendiri.
Sampai disini saya harap teman teman faham mengenai KEMELEMATAN darikejadian yang saya ceritakan diatas. Pada intinya KEMELAKATAN itu ketika kitamencapai suatu keinginan yang didasari dengan adanya PEMAKSAAN terhadap dirikita dan melupakan keadaan yang lain termasuk melupakan kadar kemampuan dirinyauntuk menngapai itu semua.dan terkadang ini menyebabkan kita menuhankan keinginanitu, nah itulah gejala dari KEMELEKATAN. Lhaaa… kok jadi terlalu lebar niehmembahas KEMELEKATAN, tapi tak apa lah. Hehe….
Balik maning nang keikhlasan, ya… hanya rasa ikhlas yang bisa menjadipenawar untuk kemelekatan. Dan tentang ikhlas ini saya jadi teringat denganlagu miliknya Five Minutes yang berjudul semakin ku kejar semakin kau jauh.

Ada yang masih ingat dengan liriknya?
nieh saya kutip sedikit liriknya

Semakin ku kejar,semakin kau jauh
Tak pernah letih tuk dapatkanmu
Terus berlari namun ku takut terjatuh lagi
Tak ingin lagi.. membuat ku perih..
Sadarkan aku.. dari mimpiku..

Lagu ini mensiratkan bahwa kalau kita semakin mengejar dengan ngotot,justru itu akan semakin menjauhkan kita dari tergapainya cita cita atau apapunitu tujuan kita.

Saya kutip dari kisah Nabi Ibrahim, ketika Nabi Ibrahim IKHLAS danPASRAH anaknya Nabi Ismail harus diqurbankan. Maka saat itu pula Allohmemberikan domba sebagai penggantinya, dan Nabi Ismailpun selamat. Kita bisaambil hikmah dan pelajaran dari kisah itu, bahwa dengan IKHLAS justru kitatidak akan merasa kehilangan sesuatu. Bahkan Alloh akan memberikan lebih dariapa yang kita inginkan….
Dan ada satu kisah lagi mengenai KEMELEKATAN dan KEIHLASAN. Kisah initentang sebuah rasa cinta terhadap sesama mahluk-Nya, karena kita tidak bisalepas dari rasa cinta. Ada seorang perempuan yang cantik, dan mempesona. Disanaada dua orang laki laki, salah satunya adalah si mr X. Ia benar benar inginsekali menjadi pacarnya perempuan tersebut. Bahkan si mr X melakukan pendekatanpendekatan untuk mendapatkan simpati perempuan itu dengan berbagai macam cara,dan dia lupa bahkan ngotot ingin memilikinya hingga ia melekatkan rasa inginmemilikinya kepada si perempuan tersebut dan tanpa disadari ia telah menuhankanrasa ingin memiliki terhadap si perempuan itu. Tapi ada laki laki lain, kitasebut saja mr Z yang sebenarnya ia tidak kenal bahkan tidak pernah tahu kepadasi perempuan itu, tapi iapun sama memiliki keinginan untuk menikmati indahnyacinta dan dia ikhlas saja ketika hingga saat itu ia masih belum bisa merasakanindahnya cinta. Namun tanpa disangka perempuan itu menaruh hati kepada si mr Zkarena ternyata si perempuan mengenal mr Z dari teman temanya yang lain,ditambah lagi perempuan ini tertarik dengan sikap kalemnya si mr Z. sehingga siperempuan ini termotivasi untuk mencari tahu seluk beluk tentang si mr Z itudari hal terkecil sampai hal yang terbesar. Sampai sampai ia mencari tahuinformasi lainnya di beberapa jejaring sosial, karena media ini memungkinkandia mendapatkan informasi sedetail mungkin mengenai si mr Z.

Singkat cerita dari persaingan itu ternyata si perempuan lebih interest kepada si mr Z yang kalem dan ikhlas terhadap apapun yang terjadi.
Kita bisa ambil pelajaran dari beberapa cerita yang saya tulis diatas,bahwa dengan keikhlasan kita bisa menggapai cita cita atau keinginan itu,bahkan kita akan mendapatkan ‘plus plus’ dari apa yang dicita citakan. Adapunorang yang ngotot dan MELEKAT terhadap cita citanya, dia pasti akan tercapaikeinginannya namun ada hal yang kurang dalam pencapaian goalnya. Yakniorang yg ngotot dan melekat tidak serta merta mendapat gift dari-Nya,karena tanpa dilandasi rasa IKHLAS. Bukankah ketika kita IKHLAS danmempasrahkan kepala kita untuk dicukur oleh tukang cukur, kita akan mendapatkanservice yang baik? So, mari kita belajar dari kejadian itu…

Diakhir note ini saya menyimpulkan bahwa ‘orang yang IKHLAS akanmenjadi pemenang yang sejati’
Mudah mudahan note ini bermanfaaat dan kita bisa mulai belajar darisekarang. Sampai jumpa di note selanjutnya kalaulah kita masih diberikankesempatan oleh-Nya….
_/\_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

matur nuwun...